Welcome to Pear'L Corner' Selamat datang di Pear'L Corner 'Selamat datang di Pear'L Corner 'Welcome to Pear'L Corner ' Welcome to Pear'L Corner'selamat datang Pear'L Corner 'Welcome to Pear'L Corner'selamat datang Pear'L Corner' Sudut Hati : Uji Kompetensi Pegawai negeri Sipil (PNS) Tahun 2013

Translate

Friday, July 27, 2012

Uji Kompetensi Pegawai negeri Sipil (PNS) Tahun 2013

Uji Kompetensi Pegawai negeri Sipil (PNS) Tahun 2013
Kementrian PAN dan Reformasi Birokrasi uji kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2013, Penegasan ini diungkapkan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refarmasi Birokrasi,EkoPrasojo, pada "Serial Workshop Akuntabilitas" yang diigelar JPIP kerja sama dengan Usaid diHotelMajapahit,Surabaya.
Menurut Eko, PNS yang memi­liki nilai yang bagus akan lolos. Sedang yang bemilai sedang akan menjalani pendidikan dan latihan (diklat). Sedang yang tidak lolos akan mendapat pensiun dini. Hal ini juga menjadi bagian dari moratorium PNS. Jumlah PNS sekarang 4,45 juta orang. Selama delapan bulan moratorium, PNS berkurang  sekira 200 ribu orang.Uji kompetensi, lanjut Eko, mengikuti tata cara seperti yang telah dilakukan Kemenkerian Ke­uangan. "Mereka sudah melaku­kan uji kompetensi dasar. Dan itu memang menghasilkan mereka‑ mereka yang tidak kompeten," kata Eko Prasojo, Selasa malam, 17 Juli. Untuk uji kompetensi ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mempersiapkan bersama dengan Badan Kepe­gawaian Negara. "Apakah nanti kita bikin standamya dan nanti lembaga yang melaksanakan. Kita harapkan 2013 sudah bisa diberlakukan," jelas Eko Prasojo.
Ada lima kriteria dalam uji kompetensi ini. Antara lain, intelejensia dasar, integritas, pengetahuan umum, intelektual skill, dan manajerial Uji kompetensi ini juga untuk digu­nakan dalam pengangkatan pejabat "Prinsipnya kita memberikan fairness kepada saseorang yang memenuhi syarat jabatan untuk berkompetisi. Nanti itu diumumkan oleh KomisiAparatur Sipil Negara (KASN)," ujar Eko Prasojo. Dalam Rancangan Undang­Undang Aparatur Sipil Negara, KASN dibentuk negara dan dise­leksi dari kalangan profesional, akademisi, pebisnis, wakil apa­ratur, juga instansi yang akan diseleksi. Tim seleksi akan meng­gunakan assesment center yang akan dibangun di kantor BKN. Selain itu, juga bekerja sama dengan universitas yang memiliki program studi psikologi terapan. "Untuk 11.400 jabatan eselon satu dan dua. Eksesnya akan memberikan keterbukaan dalam pengangkatan pejabat," papar Eko.  (sumber:fajar 19/7/2012)

No comments:

Post a Comment